Info Paket Tour Bali

Gambar Paket
+

Kerajinan Emas Dan Perak di Celuk, Ubud

Uncategorised • 26 January, 2015 •

 

Kerajinan Emas & Perak di Desa Celuk, Ubud

Desa Celuk adalah sebuah desa tradisional yang terletak di dekat Ubud di Kabupaten Gianyar, terkenal dengan kerajinan emas dan perak berkualitas.

.

Desa Celuk telah menjadi maskot penghasil seni kerajinan emas dan perak dengan harga yang bisa disesuaikan dengan model dan kualitasnya sejak tahun 1976. Pemesanan emas dan perak di Celuk bisa dilakukan dengan skala yang besar atau bahasa dagangnya "Grosir".

Kebanyakan masyarakat setempat berprofesi sebagai pengrajin perak dan emas sekaligus bergerak dalam usaha jual emas dan perak Bali. Keterampilan yang mereka miliki tersebut menjadi faktor utama penunjang pertumbuhan ekonomi di Desa Celuk. Emas dan Perak dari Desa Celuk ini sudah memiliki pangsa pasar lokal dan juga terkenal di mancanegara.

Lokasi Desa Celuk

Perkiraan jarak dari Denpasar menuju Desa Celuk sejauh 8 Km. Kota ini terletak tepat bersebelahan dengan Desa Batubulan. Lokasi Desa Celuk juga sanga dekat dengan Pasar Seni Sukawati.

Sejarah Desa Celuk

Pada masa lalu, penduduk Desa Celuk mayoritas berprofesi sebagai petani. Perubahan profesi dari petani ke pengrajin emas bermula dari tiga keluarga yang berasal dari kasta Pande yang mempelopori industri ini. Kasta ini terkenal karena spesialisasi mereka dalam memanipulasi semua jenis logam untuk membuat aksesoris untuk acara keagamaan Hindu. Pariwisata telah menjadi komoditas utama di Bali, semakin banyak penduduk desa meninggalkan pertanian mereka di belakang dan mulai belajar kerajinan perak dan emas. Secara khusus, pada tahun 1976, hampir semua penduduk desa telah menjadi pandai perak dan Desa Celuk telah populer dengan perhiasan yang indah dan kerajinan perak lainnya sejak saat itu.

Apa Yang Wajib Dilakukan di Desa Celuk

Pada saat Anda memasuki kawasan Desa Celuk, Anda akan merasa seolah-olah Anda berada di sebuah pameran perhiasan. Di dua sisi jalan ada banyak toko-toko seni dari skala kecil sampai ke Galeri. Koleksi kerajinan emas dan perak ini biasanya dipajang di etalase kaca agar lebih mudah dilihat oleh calon pembeli. Namun ada beberapa hal unik yang jarang diketahui yaitu, selain berbelanja atau sekedar melihat-lihat ternyata kita bisa memesan perhiasan atau aksesoris sesuai dengan desain yang kita miliki atau yang kita pilih. Selain itu, kita bisa merasakan bagaimana caranya membuat kerajinan emas dan perak namun dengan panduan dari pemilik workshop.

Desa Celuk ramai dikunjungi wisatawan setiap hari dan menjadi salah satu rute wisata yang favorit di Bali. Wisatawan bisa melihat langsung proses pembuatan kerajinan emas dan perak yang ada di Desa Celuk. Walaupun tidak membeli, kita bisa dengan bebas melihat-lihat hasil kerajinan tersebut. Untuk harga yang ditawarkan biasannya bervariasi. Misalnya harga gelang perak di Celuk yang termurah adalah Rp 50.000 rupiah. Ada juga yang mencapai puluhan bahkan ratusan juta rupiah seperti patung kereta yang terbuat daru emas atau perak.

Jika Anda tidak sempat mampir di Celuk, saat ini hasil kerajinan emas dan perak Celuk bisa kita lihat di wilayah Nusa Dua, Kuta, dan objek wisata lainnya yang terkenal di Bali.

Jika anda memerlukan lokasi arah untuk menuju Desa Celuk via online, silahkan gunakan peta dari kami melalui link berikut: Peta Lokasi Toko Emas dan Perak Celuk Di Google Map.