Info Paket Tour Bali

Gambar Paket
+

Seni Lukis Desa Batuan

Uncategorised • 29 January, 2015 •

 

Seni Lukis di Desa Batuan

Desa Batuan (dulunya: Batoeon dan "Baturan") adalah sebuah desa yang terletak di Bali, Indonesia. Desa ini terkenal dengan karya seni dan gaya lukis khas dan terkenal sejak tahun 1930-an sebagai Batuan Painting Style (Gaya Lukis Batuan). Desa ini menjadi pusat lukisan terbesar dan berisi sejumlah galeri seni yang dikelola masyarakat setempat yang telah memainkan peran kunci dalam mempromosikan kesenian di desa Batuan. Desa ini juga dikenal karena Tari Gambuh kuno yang dilakukan setiap hari Purnama (Full Moon).

.

Ada dua candi di bagian barat desa yang dikenal sebagai Pura Puseh dan Pura Dasar. Kuil ini dibangun di Bali gaya arsitektur candi klasik dengan ukiran rumit. Pengunjung diberi sarung vermilion yang wajib dipakai selama memasuki pura. Desa ini juga populer dengan ukiran yang terbuat dari kayu jati. Ada sebuah "patung Buddha gemuk" (disebut "Fat Baby Statue") pada persimpangan jalan dari Sakah menuju Blahbatu menghadap ke timur.

Lokasi Desa Batuan

Desa Batuan terletak di tengah pulau Bali sekitar 10 kilometer (6,2 mil) selatan dari Ubud dan sekitar 15 kilometer (9,3 mil) timur laut dari Denpasar berdekatan dengan desa Sukhawathi utara (pusat seni terkenal).

Sejarah Desa Batuan

Menurut rekaman sejarah, Desa Batuan diperkirakan sudah ada sejak 1000 tahun silam. Pengaruh agama Hindu dan India di wilâyah di desa ini sangat terlihat jelas dari model ukiran dan candi-candi kecil. Pada abad ke-17, Desa Batuan dan seluruh wilayah selatan Bali dikuasai oleh keluarga kerajaan. Kekuasaan tersebut berakhir karena seorang pendeta (pemuka agama Hindu) memberikan "kutukan" menyebabkan mereka kehilangan kekuasaan mereka. Kutukan tersebut menyebabkan banyak di aantara mereka tercerai berai ke seluruh pelosok negeri. Selama periode 1947-1949, ssebagian besar penduduk Desa Batuan tetap setia pada kabupaten Gianyar dan menentang nasionalisme.